Sabtu, 01 Desember 2012

Tips Anak Supaya Gemuk

Tips Membuat anak agar lebih gemuk adalah solusi yang dapat dilakukan untuk para bunda yang ingin membuat buah hati tumbuh lebih sehat dan tidak kurus. Membantu mencukupi kebutuhan gizi pada anak adalah salah satu tips anak supaya gemuk.

tips anak cepat gemuk

Permasalahan gizi yang biasa dialami anak tidak terbatas dari kelebihan badan saja, namun anak juga akan terlihat dari badan yang kurang atau kurus. Anak yang mengalami masalah gizi bisa dilihat dari badan yang kurus dan berat badan anak dibawah normal dan hal ini memerlukan tips anak supaya gemuk.

Untuk mengetahui kondisi tersebut dapat dilakukan dengan pengukuran indeks massa tubuh (IMT) lewat perbandingan tinggi serta berat badan.Namun perlu diingat juga bahwa berat badan anak bersifat dinamis dan berubah sesuai dengan pertumbuhannya. Untuk tahu apakah anak masuk kategori kurus atau tidak bisa menggunakan grafik pertumbuhan atau IMT.

Tips agar anak supaya gemuk

Memiliki anak yang sehat dan gemuk tentu membuat kesenangan sendiri. Namun jika berat badan kurang itu akan mengkhawatirkan para bunda. Berikut ini tips anak supaya lebih gemuk dari sebelumnya.

Tips anak supaya gemuk - Memberikan asupan lemak yang sehat

Menambahkan dalam pola makan anak dengan lemak sehat bis untuk tips anak supaya cepat gemuk, hal ini dapat membantu untuk menaikkan kalori yang sangat dibutuhkan dalam peningkatan berat badan.

Menambah berat badan anak dengan memberikan konsumsi lemak seperti mentega dan margarin dengan lemak yang lebih sehat, contohnya lemak yang terdapat pada kacang-kacangan, alpukat, dan minyak goreng zaitun, safflower dan canola. Contohnya sandwich yang ditambah dengan sepotong alpukat atau tuna.

Tips anak supaya gemuk – Membuat rencana pola makan

Tips anak supaya gemuk dengan melibatkan anak dalam membuat perencanaan pola makan, hal ini dilakukan supaya suasana lebih menyenangkan dan juga bisa mengenalkan makanan sehat pada anak. Ada keuntungan yang diperoleh ketika mengajarkan anak dalam mempersiapkan makanan, kondisi tersebut dapat menambah gairah anak ketika makan dan membuat suasana menjadi lebih santai. Anak bisa makan dalam jumlah yang sedikit bila anak merasa terburu-buru atau tidak rileks. Beberapa jenis makanan dengan kalori tinggi, yakni keju, susu, telur, yoghurt, roti, sup kacang, pasta, macaroni, sereal, selai kacang dan kentang.

Tips anak supaya gemuk – Memberikan minuman kaya gizi

Salah satu minuman yang mempunyai kandungan kalori tinggi dan juga sangat kaya akan gizi adalah minuman shake dan smoothies untuk solusi tips anak supaya cepat gemuk. Tambahkan variasi dalam minuman tersebut dengan mencampurkan buah seperti blueberry, stroberi, pisang, dll, atau tambahkanlah yoghurt. Variasi ini akan membuat anak lebih menikmatinya.

Disamping itu, Anda juga dapat menambahkan sayuran dalam smoothie dan juga tambahkan madu untuk pemanis alaminya. Supaya anak tidak melewatkan waktu makannya, berikanlah minuman tersebut dua jam sebelum waktu makan.

Tips anak supaya gemuk – Menghindari anak dari makanan cepat saji

Menghindari anak dari makan cepat saji merupakan tips anak supaya cepat gemuk yang wajib diterapkan. Kandungan yang terdapat dalam makanan cepat saji, antara lain gula, garam serta lemak jenuh tinggi. Bila Anda mempunyai keinginan memiliki anak yang gemuk, biasakanlah anak untuk mengkonsumsi makanan sehat, dan hindarilah junk food karena memiliki kandungan kalori yang rendah. Jadi walaupun berat badan anak bertambah namun tubuhnya kurang sehat dan lebih cenderung memiliki berat badan berlebih.

Ada 3 jenis lemak yang dibutuhkan tubuh, yakni lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan lemak jenuh, sedangkan pada junk food hanya memiliki lemak jenuh saja.

Tips anak supaya gemuk – Memberi Suplemen Penambah Nafsu Makan

Tips anak supaya gemuk terakhir dengan suplemen untuk meningkatkan nafsu makan pada anak biasanya mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B kompleks dan bebepa bahan atau nutrisi aktif lainnya. Biasanya suplemen penambah nafsu makan dijual di apotik dalam bentuk sirup dengan rasa yang enak.

Seringkali orang tua senang jika melihat anaknya gemuk karena terlihat lucu, tetapi seperti yang kita tahu gemuk tidak selalu sehat. Yang paling baik adalah berat badan yang ideal. Saat berusaha menggemukan anak yang kurus orang tua harus tetap menjaga agar berat badan anak supaya tidak berlebih

Demikianlah tips anak supaya gemuk yang bisa terapkan sendiri. Menjaga kesehatan anak anda akan membantu mereka tumbuh kembang dengan baik.

3 komentar: