Kamis, 29 November 2012

Tips Anak Mau Belajar

Anak yang rajin belajar tentu membuat para bunda menjadi bangga dan merasa berhasil mendidik buah hati. Namun jika anak malas untuk belajar, tentu saja hukuman dan kemarahan bukan solusi yang harus anda berikan. Namun perlu cara lainnya yang membuat anak ingin belajar dengan tips anak mau belajar.

Mother and child drawing together

Sudah palang tentu orang tua haruslah menjadi panutan bagi anak. Anda tidak boleh terlihat santai jika anda berteriak menyuruh anak untuk belajar. Cobalah untuk melihatkan diri anda sedang belajar sesuatu kepada anak seperti membaca buku atau lainnya. Hal tersebut akan mendorong anak ingin belajar.

Tips Anak Mau Rajin Belajar

Tips anak mau belajar tentu perlu diketahui para bunda, ada berbagai panduan yang dapat dilakukan. Berikut ini membahas tentu tips belajar anak. Anak yang mau belajar dengan senang hati memang dibutuhkan usaha keras dari orang tua. Siasati dengan trik berikut agar impian menjadikan anak pandai menjadi kenyataan.

Tips Anak Mau Belajar - Belajar Sambil Bermain

Prinsip belajar anak kelas rendah (kelas 1-3 SD) masih sama dengan cara belajar anak TK, yaitu belajar sambil bermain dan hal ini adalah tips anak mau belajar yang sangat efektif. Tapi untuk anak SD, pilihlah permainan yang lebih konstruksif. Misal, “Tolong ambilkan Ibu 2 buah apel. Nah, di tangan Ibu sudah ada 1 buah jeruk. Jadi Ibu punya berapa apel dan jeruk sekarang?” Suasana belajar pun tak perlu harus serius. Jadi tak selalu harus belajar di belakang meja, bisa di dapur, di taman dll.

Tips Anak Mau Belajar - Memanfaatkan PR

Tips anak mau belajar lainnya dengan memberikan PR. Meski pemberian PR masih pro-kontra, namun selama tidak berlebihan, pekerjaan rumah ini bisa memberi manfaat bagi anak. Anak dapat mengulang kembali pelajaran yang sudah didapat saat di sekolah. Selain itu bunda juga dapat mengetahui apakah sang buah hati sudah memahami materi yang sudah diajarkan di sekolah.

Tips Anak Mau Belajar – Memberikan Support

Dukungan sangat diperlukan untuk tips agar anak mau belajar, utamanya saat anak menghadapi masa-masa sulit di sekolah. Bentuknya bisa sangat sederhana, misalnya ketika anak memperoleh nilai buruk, orang tua jangan langsung memarahinya atau memberikan “label” anak bodoh. Sebaiknya, luangkan waktu untuk mendiskusikan masalah tersebut bersama anak dan berikan solusinya.

Tips Anak Mau Belajar – Menjadi Model dan Panutan

Saat si kecil sedang belajar, orang tua jangan menonton televisi atau tidur-tiduran. Usahakan saat si kecil belajar orang tua jangan terlihat santai. Bisa-bisa anak merasa diperlakukan tidak adil. Sebaiknya orang tua menemani anak sambil membaca koran atau buku. Dengan demikian anak akan mendapat panutan yang baik.

Tips Anak Mau Belajar – Menetapkan Waktu Belajar

Tips anak mau belajar yang terakhir dengan membuat kesepakatan dengan si kecil tentang jam belajar. Misal, satu jam saat sore hari atau satu jam setelah makan malam. Namun, jadwal harus disesuaikan dengan mempertimbangkan jam sekolahnya. Beri anak waktu untuk istirahat sebelum belajar. Dan saat waktunya belajar, anak harus diberi pengertian bahwa rentang waktu itu harus diisi hanya untuk kegiatan belajar. Artinya ia tidak boleh menonton tv atau bermain games .

Sekian Tips anak mau belajar yang bisa bunda terapkan kepada anak anda, agar anak dapat menggapai cita-citanya dan menjadi semakin pintar. atau anda juga bisa mengajari balita dengan tips anak cepat bicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar